3 Cara Penyambungan Pipa Besi

penyambungan_pipa_besiAda dua tipe penyambungan pipa besi, yaitu welded component dan treaded component. Welded component bersifat tetap sedangkan treaded component tidak. Artinya? Jika seseorang menyambung pipa besi dengan  tipe welded, ia tidak akan bisa melepaskannya kembali, sedangkan treaded bisa dibongkar pasang sehingga cocok untuk diaplikasikan pada bangunan semi permanen. Selain tipe pemasangan, artikel ini juga akan menjelaskan metode penyambungan pipa besi yang bisa di praktekan:

Memakai alat las

Metode penyambungan dengan menggunakan alat las adalah contoh dari tipe penyambungan welded component, di mana pipa akan menyatu dengan erat setelah dilas. Untuk bisa melakukan metode ini dibutuhkan orang berkeahlian khusus dalam penyambungan. Hal itu dikarenakan kesalahan sedikit saja akan membuat pipa mengalami kebocoran. Panas yang dihasilkan alat las pun patut diwaspadai karena mampu memiliki suhu yang cukup tinggi.

Memanfaatkan flens

Flens adalah alat sambung pipa. Bentuknya bulat dan bergerigi di sertai lubang-lubang untuk penempatan mur dan bautnya. Pipa besi direkatkan pada flens dan dihubungkan dengan elemen sumber dayanya. Metode pemasangan ini biasanya diaplikasikan pada pemasangan pipa PDAM dan PLN dengan menghubungkan pipa ke tong air atau gardu listrik sebagai sumbernya. Biasanya pipa dan flens dijual terpisah, namun akan mudah ditemukan di toko besi terdekat.

Menggunakan ulir

Metode ulir ini termasuk dalam tipe pemasangan treaded component. Selain di aplikasikan pada bangunan semi permanen, banyak orang yang menggunakan metode ini karena lebih efisien dalam perawatan pipa. Saat saluran mengalami masalah, pipa dapat dengan mudah dibongkar untuk memperbaiki kerusakannya. Lalu, dengan gampang akan dipasang kembali. Namun, metode ini beresiko mengalami kebocoran bila tidak dipasang oleh tenaga profesional.

Ketiga metode penyambungan di atas memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Untuk itu, di dalam pemilihannya harus berdasarkan kebutuhan, misalnya saja Renovating Your Old House. Dalam penyeleksian pipa pun harus berhati-hati karena telah banyak produsen nakal yang memalsukan kualitas produknya. Untuk memeriksa kualitasnya, belah pipa besi secara diagonal untuk mengetahui bahan pembuatannya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan pembaca mengenai dunia perpipaan. 🙂

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *